17 Feb 2017

Perluas Jaringan, BPR Bahtera Masyarakat Buka Kacab di Cipulir dan Pasar Minggu

Dengan dikeluarkannya surat keputusan Otoritas Jas Keuangan (OJK) nomor 4/POJK.03/2015 yang mewajibkan setiap Bank Perkreditan Rakyat (BPR) untuk menerapkan Good Corporate Governance (GCG) pada tahun 2017, mendorong BPR Bahtera Masyarakat untuk meningkatkan kinerja dan kualitas layanan agar menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) terdepan di Jakarta dalam rentang waktu 1 – 2 tahun kedepan. Sehingga menjadi barometer bagi BPR lain dalam tata kelola GCG.

Pada tahun 2017, BPR Bahtera Masyarakat akan membuka kantor cabang di Pasar Minggu dan Cipulir untuk menyalurkan kredit UMKM dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keuntungan yang akan didapatkan jika menjadi nasabah BPR Bahtera Masyarakat.

Untuk meningkatkan portofolio kredit di tahun 2017, target penyaluran kredit baru BPR Bahtera Masyarakat adalah Rp 100 Miliyar, setelah sebelumnya portofolio kredit tahun lalu mencapai Rp 221 Milyar, dan target NPL tahun 2017 ini dibawah 2%.

Sonny Sukamto, Direktur Utama BPR Bahtera Masyarakat, mengatakan, jumlah NPL tahun lalu berada di angka 1,4% dan untuk menekan NPL, BPR Bahtera Masyarakat memiliki mitigasi resiko yang baik untuk kredit secured loan ataupun unsecured loan. “Hal ini dikarenakan kami menjaminkan resiko kredit nasabah melalui program penjaminan kredit milik BUMN dan juga asuransi jiwa kredit serta manajemen portfolio yang baik,” ujarnya diketerangan tertulis yang Moneter.co.id terima, Jumat (17/2) .

Sonny menjelaskan, bahwa dengan menerapkan GCG, menjadikan sumber daya manusia (SDM) lebih berkualitas dengan pemberian pelatihan-pelatihan, serta strategi penyelesaian kredit bermasalah yang baik, maka angka NPL dapat terus ditekan.

Untuk lebih meningkatkan kecepatan penyaluran kredit, BPR Bahtera Masyarakat akan fokus dalam pengembangan kredit secured loan di sektor UMKM. Selain secured loan, unsecured loan yang telah berjalan di BPR Bahtera Masyarakat sendiri adalah KTA PNS, kredit kelompok dengan pola grameen dan kredit pensiun.

“Selain memberikan pinjaman uang kepada nasabah luar, BPR Bahtera Masyarakat juga menyediakan dana pinjaman untuk karyawannya dan karyawan group yang membutuhkan dengan sistem potong gaji,” pungkas Sonny.