01 Jun 2024

Transformasi Identitas: Dari BPR Bahtera Masyarakat Jabar Menjadi BPR Parinama Simfoni Indonesia

Pada tahun 2024, BPR Bahtera Masyarakat Jabar, sebuah lembaga keuangan lokal yang berdiri sejak tahun 2002, mengalami perubahan identitas menjadi BPR Parinama Simfoni Indonesia. Perubahan ini tidak hanya mencakup nama, tetapi juga mencerminkan adaptasi dan strategi baru dalam menjawab tuntutan pasar dan kebutuhan masyarakat.

 

Awal Berdirinya BPR Bahtera Masyarakat Jabar

Berdiri pada tanggal 3 Maret 2002, BPR Bahtera Masyarakat Jabar didirikan sesuai dengan Undang-Undang No. 7 Tahun 1992, fokus utamanya adalah menghimpun dana dari masyarakat melalui tabungan dan deposito. Dana tersebut kemudian disalurkan kembali ke masyarakat dalam bentuk kredit, baik untuk modal kerja UMKM maupun untuk kebutuhan konsumtif lainnya.

 

Langkah Menuju Perubahan Nama Dari BPR Bahtera Masyarakat Jabar ke BPR Parinama Simfoni Indonesia

  1. Keputusan Para Pemegang Saham: Pada tanggal 3 Mei 2024, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa, para pemegang saham BPR Bahtera Masyarakat Jabar menyetujui perubahan nama menjadi BPR Parinama Simfoni Indonesia. Keputusan ini merupakan langkah strategis untuk menyegarkan citra perusahaan dan memperluas jangkauan pasar.

 

  1. Akta Pernyataan Keputusan Pemegang Saham: Dibuat pada tanggal 14 Mei 2024 di hadapan Notaris Kartika Sari Iskandar, S.H., M.Kn., di Bandung, akta ini mencatat secara resmi persetujuan dari para pemegang saham terkait perubahan nama perusahaan.

 

  1. Persetujuan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia: Pada tanggal 22 Mei 2024, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia memberikan persetujuan resmi melalui Surat Keputusan dengan nomor AHU-0029862.AH.01.02.TAHUN 2024. Ini menandai pengakuan pemerintah terhadap perubahan nama menjadi BPR Parinama Simfoni Indonesia.

 

Filosofi di Balik Nama “Parinama Simfoni Indonesia”

Parinama Simfoni memiliki arti “Transformasi yang harmonis dan kolaboratif untuk mencapai kesuksesan dalam menjalankan bisnis”. Perubahan atau transformasi (Parinama) adalah hal yang tidak terhindarkan dalam dunia bisnis, baik itu perubahan dalam pasar, teknologi, kebijakan, atau kebutuhan nasabah. Penting bagi perusahaan untuk mampu beradaptasi dan mengelola perubahan tersebut dengan baik agar tetap relevan dan kompetitif. Sementara itu, “Simfoni” menggambarkan kolaborasi dan kerja sama yang harmonis antara berbagai elemen dalam bisnis, seperti tim, departemen, dan mitra bisnis. Dalam bisnis, kerja sama yang baik antara semua pihak terlibat sangat penting untuk mencapai tujuan bersama dan menghadapi tantangan dengan lebih efektif. Dengan demikian, filosofi “Parinama Simfoni” dalam bisnis mengajarkan pentingnya untuk menerima perubahan dengan baik, berkolaborasi secara harmonis dengan semua pihak terkait, dan menjalani transformasi bisnis dengan keselarasan dan kerja sama yang baik untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.

Perubahan nama dari PT. BPR Bahtera Masyarakat Jabar menjadi PT. BPR Parinama Simfoni Indonesia bukan hanya sekadar pergantian identitas, tetapi juga langkah strategis dalam memperbarui dan mengukuhkan posisi perusahaan di pasar yang terus berubah. Dengan dukungan penuh dari para pemangku kepentingan dan fondasi yang kuat, BPR Parinama Simfoni Indonesia siap menghadapi masa depan dengan optimisme dan komitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia.