01 Sep 2023

Pinjaman Mudah Untuk Pertumbuhan UMKM

Pinjaman Mudah hanya di Bahnk Bahtera Masyarakat

COVID-19 berdampak pada hampir seluruh bagian di bumi, termasuk Indonesia. Hingga kini, jumlah kasus pasien positif korona semakin meningkat dari hari ke hari, seiring dengan jumlah tersebut, jumlah pasien yang perlahan sembuh juga tidak sedikit, dikarenakan pasien yang dinyatakan positif harus melakukan isolasi mandiri di rumah, terkecuali pasien yang kondisinya buruk dan melemah sehingga diharuskan untuk melakukan rawat inap di rumah sakit terdekat. 

COVID-19 yang berdampak pada masyarakat Indonesia, berdampak pula pada sektor ekonomi di Indonesia. Indonesia bahkan sudah memasuki resesi kuartal III lebih tepatnya triwulan ketiga tahun 2020 terhadap triwulan ketiga tahun 2019. Ekonomi Indonesia mengalami kontraksi pertumbuhan minus 3,49 persen. Akan tetapi, menurut Suhariyanto kepala Badan Pusat Statistik (BPS), terjadinya peningkatan pada ekonomi Indonesia sebesar 5,05% pada triwulan ketiga bila dibandingkan dengan triwulan yang kemarin. 

Di tengah upaya untuk mengatasi dampak dari COVID-19, pemerintah dan masyarakat Indonesia berjuang melakukan pemulihan ekonomi nasional, hal tersebut merupakan sebuah prestasi membanggakan yang diberikan oleh lembaga Internasional kepada Indonesia. Hal tersebutlah yang membuat Bank Indonesia menaikkan status Indonesia menjadi upper middle income country, dimana Indonesia dulunya berstatus middle income country. Kenaikan status ekonomi di Indonesia merupakan bukti atas ketahanan ekonomi Indonesia dan pertumbuhan yang terjaga dalam beberapa tahun terakhir, walaupun sempat beberapa waktu lalu diramalkan bahwa Indonesia akan resesi bahkan sudah resmi resesi. Menurut menteri keuangan Sri Mulyani, adanya titik balik aktivitas ekonomi yang membuat peningkatan nilai ekonomi Indonesia, salah satunya adalah dari dukungan UMKM. Beberapa opini mengakui secara absolut bahwa UMKM merupakan bagian paling penting dari sektor ekonomi bangsa Indonesia. UMKM dapat menjadi penyelamat ekonomi saat negara dilanda masa-masa krisis seperti pandemi COVID-19 ini. Apa sih UKM itu? 

UMKM adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah namun ternyata definisi dari UMKM bisa lebih luas dari itu. UMKM dapat digambarkan sebagai usaha yang dikerjakan oleh individu, rumah tangga, atau badan usaha skala kecil. Untuk membuka UMKM sendiri tentunya perlu modal usaha dong? Nah disini, Bank Bahtera menawarkan pinjaman mudah UMKM modal kerja. Pinjaman yang diberikan oleh Bank Bahtera merupakan pinjaman mudah yang sifatnya untuk modal kerja dan kelangsungan bisnis/usaha anda. Kredit UMKM yang diberikan oleh Bank Bahtera merupakan solusi modal kerja khususnya dalam bidang usaha seperti usaha konstruksi, industri, jasa, perdagangan, serta usaha mikro, kecil dan menengah lainnya. Pinjaman yang diberikan dapat digunakan mulai dari pembiayaan seperti pengadaan barang, produksi, distribusi, serta pengadaan aset lainnya. 

Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan pinjaman mudah untuk UMKM di Bank Bahtera?
Sangat mudah sekali!! Untuk Anda yang karyawan, Anda hanya perlu mengikuti syarat dan ketentuan umum untuk pengajuan pinjaman kredit, seperti:

  • Fotokopi KTP (suami istri)
  • Fotokopi KK (kartu keluarga) dan surat nikah
  • Rumah milik pribadi (PBB dan rek. Listrik/telepon/ledeng)
  • Slip gaji (karyawan/pegawai/PNS)
  • Surat keterangan bekerja minimal tiga tahun (beserta tanda pengenalperusahaan)
  • Fotokopi surat ijin praktek (professional)
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi buku tabungan beserta rekening koran tiga bulan terakhir

Mudah, bukan? Tinggal bawa persyaratan tersebut dan langsung saja datang ke Bank Bahtera cabang terdekat 

Kenali juga perbedaan pinjamannya dengan bank umum