08 Jul 2022

6 MANFAAT INVESTASI DI DEPOSITO

 

Jika kita bicara tentang Investasi, rasanya sulit untuk , menentukan jenis investasi apa yang cocok dengan keadaan finansial kita sendiri. Dengan banyaknya jenis Investasi di pasar yang menjanjikan, tak ayal banyak pula orang terlena karena itu. Dan dari banyaknya jenis investasi, salah satu bentuk Investasi yang aman adalah Investasi Deposito. Deposito merupakan salah satu produk investasi yang cukup menjanjikan. Deposito bisa dijadikan langkah awal untuk berinvestasi bagi para pemula, karena investasi dalam bentuk deposito memiliki resiko yang rendah. Meskipun memiliki resiko yang rendah, namun keuntungan berinvestasi dalam bentuk depostio sangat besar. Banyak sekali  manfaat-manfaat dari Investasi Deposito, berikut 6 Manfaat Investasi di Deposito versi Bank Bahtera Masyarakat.

 

  1. Deposito Merupakan Cara Investasi Yang Aman

Salah satu pertimbangan saat ingin berinvestasi adalah keamanan investasi itu sendiri, hal ini merupakan poin penting ketika ingin terjun ke dunia Investasi. Ketika kita memiliki banyak uang, tentu ketika menyimpannya di bank jelas  akan lebih aman, terlebih lagi telah ada lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang menjamin dana depostio nasabah di bank maksimal 2 milyar, dengan tingkat suku bunga yang tinggi. Dan Kalian bisa mulai berinvestasi di Bahtera Masyarakat. Bahtera Masyrakat memiliki produk Deposito Bahtera dengan suku bunga tinggi, dan tentunya telah terdaftar di LPS, sehingga terjamin keamanannya.

 

  1. Suku Bunga Deposito yang Tinggi

Hal yang membuat Deposito lebih unggul ketimbang tabungan biasa adalah suku bunganya yang tinggi. Besar bunga Deposito sendiri dapat mencapai 3 kali lipat dibandingkan dengan bunga tabungan. Hal ini terjadi sebagai imbal setelah menyimpan uangnya selama waktu tertentu. Tentu dengan hal ini pastinya nasabah dapat mengharapkan hasil yang jauh lebih baik. Untuk besaran suku bunga deposito sendiri biasanya tergantung pada jangka waktu penyimpanan yang berkisar 1, 3, 6, 12, 24 bulan. Dan bagi Bank yang sudah terdaftar LPS  Tingkat suku bunga deposito sudah disesuaikan dengan kebijakan LPS.

 

  1. Akses Bunga Lebih Mudah

Dalam deposito, pemilik dana tidak di izinkan mengakses dananya dengan bebas setiap saat, karena deposito memiliki waktu tertentu untuk di cairkan. Namun beberapa bank memberikan kesempatan kepada pada nasabahnya untuk dapat mengambil sejumlah bunga yang akan di transferkan pada rekening yang telah di sepakati sebelumnya. Dengan begitu, pemilik dana akan memperoleh pendapatan yang rutin dalam bentuk bunga yang disetorkan.

 

  1. Sarana Investasi yang Menguntungkan

Deposito dapat menjadi sarana investasi yang menguntungkan, dengan suku bunganya yang tinggi, keamanannya pun sudah terjamin dan dapat di percaya. Deposito juga tidak terlalu mempengaruhi nilai pokok atau dana awal yang di setorkan, itu artinya nilai pokok dari uang tesebut akan stabil dan terjaga dengan baik. Hal tersebutlah yang menjadikan deposito sangat cocok untuk dijadikan sebagai instrumen investasi di bandingkan dengan instrumen lainnya.

 

  1. Punya Resiko yang Kecil

Jika kalian ingin berinvestasi namun masih khawatir dengan resiko yang didapat, kalian bisa memilih deposito, karena deposito tidak mengenal fluktuasi pasar dan perubahan harga. Ditambah lagi, deposito dijamin langsung oleh LPS maksimal 2 miliyar dan suku bunga yan diberikan mencapai 6%. Namun pastikan dulu bahwa tempat kalian menaruh deposito sudah terdaftar di dalam LPS, seperti Bank Bahtera masyarakat. Tak seperti investasi lainya, satu-satunya resiko yang dimilki deposito adalah krisis ekonomi, seperti inflasi yang tinggi atau politik yang mencekik. Selama Indonesia masih cukup aman, maka kalian bisa mengandalkan deposito.

 

  1. Tidak Ada Biaya Administrasi

Dalam system deposito, nasabah tidak akan terbebani oleh biaya administrasi seperti halnya tabungan biasa. Yang hanya perlu di lakukan nasabah deposito ialah membayar pajak, dan dalam hal ini pembayaran pajak tesebut biasanya langsung memotong pajak bunganya.