01 Feb 2024

5 Langkah Menuju Kebebasan Finansial

 

Sungguh sebuah kesempurnaan jika kita tidak mempunyai masalah keuangan dalam hidup. Namun kesempurnaan dalam masalah keuangan itu sangat sulit untuk dicapai. Dalam praktiknya, sering kali kita harus menggunakan uang untuk membayar utang baik utang rumah, utang kendaraan maupun utang kartu kredit. Di waktu yang bersamaan, kita juga harus menyisihkan uang untuk bekal di masa mendatang yang pada akhirnya membuat kebanyakan orang sulit mencapai kesempurnaan tersebut atau sering disebut juga kebebasan finansial. Akan muncul bayak kejadian tak terduga yang memaksamu untuk menggunakan uangmu secara tak terkendali, sebut saja misal ketika kendaraanmu mogok dan harus turun mesin. Tentu itu akan menguras keuanganmu. Maka dari itu kamu harus merencanakan keunganmu dengan baik mulai dari sekarang. Berikut 5 langkah untuk mencapai kebebasan finansial.

 

  1. Ketahui dan Kenali Kondisi Keuanganmu

Langkah pertama untuk menuju kesehatan finansial adalah dengan mengetahui dan mengenali kondisi keuanganmu. Dalam sebulan kamu perlu tahu persis berapa banyak pendapatan, pengeluaranmu, tabungan/deposito, utang kredit, tagihan dan kebutuhanmu. Jika kamu memiliki utang, kamu harus menghitung cara melunasinya dan sesuaikan dengan jatuh temponya. Kamu harus mulai memantau keuanganmu agar kamu mempunyai banyak langkah jika nantinya terjadi hal yang tidak kamu inginkan.

 

  1. Mengatur Gaya Hidup

Mengatur gaya hidup menjadi hal yang penting untuk menuju kebebasan finansial. Jangan sampai kalian terjebak  pada pengeluaran yang lebih besar dari pendapatan kalian hanya untuk gaya hidup saja. Banyak orang di luar sana yang menghabiskan uang mereka hanya untuk makan di tempat mewah ataupun liburan Eropa hanya agar dapat dipublish ke social media. Padahal jika di hitung secara pendapatannya masih terbilang belum mencukupi. Karena itu mengatur gaya hidup harus di lakukan dengan benar.

 

  1. Memporsi Keuangan dengan bijak

Dalam merencaranakan keungan yang baik diperlukan porsi keuangan yang sesuai, berikut porsi keuangan yang bisa kalian terapkan :

40% Biaya Hidup, dalam hal ini mencakup kebutuhan seperti belanja bulanan, tagihan kost atau listrik, tagihan air, tagihan wi-fi  dan lain lain. Gunakanlah 40% uangmu untuk memcukupi kebutuhan hidupmu.

30% Cicilan (jika ada), gunakan 30% uangmu untuk membayar cicilan yang ada seperti rumah, motor/mobil, dan lain-lain. Namun jika ternyata kalian tidak mempunyai cicilan, maka kalian bisa alihkan uang tersebut untuk menabung jangka pendek.

20% Masa Depan, Hal ini berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan di masa yang akan dating seperto dana pension, dana pendidikan anak dan lain-lain. Dan kalian juga harus memulai instrument seperti investasi dan asuransi, atau masih banyak cari lain lagi seperti ikut dalam deposito tinggi Bahtera.

10% Dana Darurat, mungkin hal ini terlihat sepele, namun jangan kalian anggap remeh. Tujuan dari disisihkannya uang untuk dana darurat ialah ketika terdapat pengeluaran tak terduga. Lantaran dalam praktiknya dana darurat dapat dipergunakan ketika, orang tua sakit, mendadak harus mudik, dan lain sebagainya.

 

  1. Mulai Berinvestasi dan Proteksi

Langkah selanjutnya adalah belajar mengenai investasi Kalian juga harus pandai dalam memilih investasi, jangan sampai kalian terkena investasi bodong. Salah satu investasi aman dan terpercaya adalah dengan investasi deposito tinggi bahtera. Bank Bahtera memiliki bunga yang lebih tinggi ketimbang bank kovensional lainnya dan kamu tak perlu khawatir, mejadikan Deposito Bahtera sebagai investasi terbilang aman, karena telah terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang melindungi simpanan hingga Rp 2 Miliar. Adapun yang tak  kalah penting yakni protkesi diri. Proteksi diri yang bisa dilakukan adalah dengan asuransi. Namun, dalam memilih investasi dan asuransi harus di sesuaikan dengan kondisi masing-masing kalian ya.

 

  1. Berkomitmen Untuk Mencapai Kebebasan Finansial

Langkah terakhir dalam upaya mencapai kebebasan finansial ialah dengan komitmen yang tinggi, karena sebesar apapun usahamu untuk mendapatkan kebebasan finansial, tetapi tidak dibarengi dengan komitmen yang tinggi, tentunya hal tersebut akan menjadi sulit untuk dicapai. Itulah kenapa kamu juga harus menanamkan komitmen yang tinggi bahwa kamu dapat menuju kebebasan finansial.

 

Itulah Langkah-Langkah Menuju Kebebasan finansial, memang hal tersebut bukanlah hal yang mudah, namun kamu harus tetap semangat menjalani tiap prosesnya. Dengan memiliki kebebasan finansial, kamu bisa hidup dengan baik tanpa memikirkan masalah keuanganmu di masa yang akan datang.