24 Dec 2020

DEPOSITO? Atau TABUNGAN YAH?

Ketidakpastian ekonomi di situasi pandemi ini membuat sebagian orang memilih investasi produk yang paling aman. Emas merupakan produk yang paling sering dijadikan produk investasi, adapun investasi yang paling banyak diminati di kalangan muda hingga tua yaitu deposito. Apa sih deposito itu? 

Deposito hampir sama dengan menabung, namun pada deposito, uang simpanan tersebut tidak bisa ditarik sewaktu-waktu layaknya uang pada tabungan. Deposito memiliki jangka waktu tertentu untuk dapat dicairkan. Umumnya, pencairan uang pada deposito berkisar mulai dari 1,3,6,12, hingga 24 bulan (2 tahun). 

Hal yang paling menarik dari deposito adalah suku bunga yang ditawarkan. Suku bunga yang ditawarkan dapat menaikkan angka investasi pada uang anda. Umumnya, bank memasang suku bunga deposito tinggi pada investasi deposito dibanding pada tabungan. Ketika suku bunga pada Bank Indonesia terus turun, tingkat suku bunga deposito di bank umum berada di atas suku bunga dari Bank Indonesia untuk jangka waktu tertentu. 

Oktober 2020, suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) dipertahankan sebesar 4%. Deposito paling tinggi pada bank lain saat ini yaitu sebesar 5,63%. Namun, LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) menetapkan suku bunga deposito penjaminan untuk simpanan dalam rupiah pada Bank Bahtera sebesar 7%. Lumayan yah buat investasi? Simak keuntungan yang diberikan oleh Bank Bahtera dibawah ini!

Bank Bahtera memberikan deposito tinggi dengan nilai sebesar 7% pada nasabah yang berinvestasi. Keuntungan lain yang diberikan oleh Bank Bahtera antara lain:

  • Sarana investasi

Deposito merupakan pilihan yang tepat untuk berinvestasi. Keuntungan yang didapat ketika memilih deposito pada Bank Bahtera adalah suku bunga yang tinggi dan penyimpanan dana yang sudah pasti aman dari penyelewengan, sebab dana tersebut dipantau langsung oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). 

 

  • Resiko kerugian sangat kecil 

Keuntungan lain saat memilih mendepositokan dana anda pada Bank Bahtera adalah resiko kerugian yang sangat kecil. Tidak perlu khawatir akan dana yang disimpan, karena legalitasnya langsung diawasi oleh LPS dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab bank. Bila dikemudian hari terdapat permasalahan pada bank tempat dana nasabah didepositokan, maka sudah menjadi tanggung jawab pihak LPS yang akan sepenuhnya menjamin dana dari nasabah hingga 2 milyar. 

Kelebihan lainnya ketika anda mendepositokan dana anda yaitu tidak terdapat biaya administrasi pada deposito, dan itulah yang menjadikan deposito sebagai investasi alternatif yang menguntungkan dan sudah tentu aman.

Saat nasabah memilih deposito, maka keuntungan yang diperoleh pada deposito akan berbeda dengan keuntungan menabung biasa. Keuntungan tidak akan terwujud apabila nasabah tidak memenuhi aturan serta perjanjian yang sudah ditetapkan seperti saat memilih deposito berjangka maka penarikan harus dilakukan sesuai jangka waktu yang telah ditentukan.

Sumber :

Keuangan.kontan.co.id