14 Aug 2020

Apa Itu Perencanaan Keuangan ?

 

Jakarta – Kesehatan finansial seseorang dapat ditentukan melalui perencanaan keuangan. Jika seseorang menabung atau berinvestasi di salah satu bank, misalnya BPR (Bank Perkreditan Rakyat) dengan memakai tips-tips keuangan tertentu, berarti orang tersebut telah melakukan perencanaan di bidang keuangan. Selain menabung dan berinvestasi, ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan finansial. Apa Itu Perencanaan Keuangan ?

Apa Itu Perencanaan Keuangan untuk Kesehatan Finansial

Ternyata, perencanaan finansial merupakan hal penting yang sebaiknya dilakukan. Pasalnya, dengan perencanaan yang baik, Anda dapat terhindar dari berbagai risiko, seperti pengeluaran yang tidak sesuai pemasukan atau risiko terbebani hutang ketika terjadi krisis keuangan. Lantas, kira-kira, apa yang dimaksud dengan perencanaan di bidang keuangan?

 

Pengertian Apa Itu Perencanaan di Bidang Keuangan

Secara umum, perencanaan di bidang keuangan didefinisikan sebagai proses untuk mencapai sebuah tujuan, baik untuk tujuan pribadi atau keluarga melalui manajemen keuangan yang terencana. Jadi, perencanaan mempunyai peran layaknya roadmap agar seseorang dapat mencapai berbagai tujuan di masa depan, khususnya yang berkaitan dengan tips-tips keuangan.

Perencanaan ini tergolong penting, sebab melalui perencanaan finansial yang baik, Anda dapat memetakan perihal kondisi keuangan pribadi, mengalokasikan dana secara terstruktur, hingga memberi motivasi untuk mengumpulkan uang yang lebih banyak. Dengan demikian, Anda disarankan untuk memulai perencanaan finansial sejak dini.

Nah, jika merasa kesulitan untuk merencanakan berbagai hal di bidang keuangan, maka sebaiknya hubungi perencana keuangan. Pasalnya, perencana keuangan merupakan sebuah profesi untuk membantu seseorang, keluarga, atau bahkan perusahaan untuk merencanakan finansial. Biasanya, perencana kuangan akan menyarankan klien-klien mereka untuk bekerjasama dengan lembaga perbankan tertentu, seperti dengan BPR Bahtera Masyarakat.

 

Tujuan Melakukan Perencanaan

Tujuan perencanaan satu orang dengan orang yang lain dapat berbeda-beda. Hal ini berkaitan dengan life event seseorang. Intinya, melalui perencanaan finansial yang baik, seseorang mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mencapai berbagai impian mereka, seperti kuliah di luar negeri, berlibur, atau sekadar menikah dengan biaya yang sudah tersedia.

Namun, bagaimana jika tujuan keuangan yang direncanakan tidak dapat dicapai? Sebenarnya, perencanaan keuangan disusun memakai tips-tips keuangan tertentu, seperti tips untuk menerapkan logika, ilmu-ilmu keuangan, hingga seni keuangan tertentu. Selain itu, perencanaan adalah sebuah proses. Artinya tujuan keuangan yang diinginkan tidak dapat dicapai dalam semalam.

 

BPR untuk Perencanaan Finansial yang Tepat

Anda bisa memperoleh berbagai benefit dengan melakukan perencanaan yang tepat di bidang keuangan, khususnya jika memutuskan bekerja sama dengan BPR (Bank Perkreditan Rakyat). Misalnya melalui salah satu instrumen investasi yaitu deposito dan tabungan, yang mana BPR ini diketahui kerap memberi bunga deposito dan simpanan yang lebih tinggi dibanding bank umum.

Selain itu, perencanaan finansial mempunyai berbagai benefit lainnya, seperti memberi kontrol terhadap keuangan sehingga merasa lebih percaya diri, terbantu untuk membuat skala prioritas, mampu mengoptimalkan keuangan untuk berbagai kebutuhan, membantu hidup nyaman dan aman tanpa mengkhawatirkan keuangan, serta meningkatkan kekayaan melalui investasi.

Di sisi lain, perhatikan bahwa perencanaan finansial membutuhkan tips-tips keuangan dan tinjauan secara berkala. Pasalnya, perencanaan tersebut tidak berlaku seumur hidup, melainkan perlu diperbaharui sesuai perubahan kuantitas pendapatan, munculnya kebutuhan darurat, bertambahnya tujuan keuangan, hingga bertambahnya jumlah tanggungan dalam sebuah keluarga.

Demikian ulasan mengenai perencanaan di bidang keuangan. Dengan perencanaan yang baik, Anda dapat memperoleh berbagai benefit dengan kesehatan finansial yang tertata, seperti mewujudkan berbagai tujuan keuangan. Akan tetapi, dalam prosesnya Anda disarankan untuk bekerja sama dengan BPR demi tercapainya perencanaan keuangan yang tepat.