20 Jun 2022

7 Tips Memulai Bisnis Dari Nol

 

Memulai bisnis terkadang terasa sulit, hal itu dapat terjadi karena banyaknya pertimbangan dan keyakinan yang mendalam. Tidak hanya itu, upaya yang besar juga di perlukan untuk memulai dan membangun bisnis agar dapat sukses dan meraih banyak keuntungan. Kamu dapat memulai bisnis dari tempat yang kecil dan modal yang seadanya. Bahkan memulai bisnis dari nol. Namun sebelum kamu memulai membangun bisnismu dari nol, kamu harus tau tips memulai bisnis dari nol berikut.

 

  1. Meyakinkan diri

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan meyakinkan dirimu sendiri, mantapkan hatimu sebelum kamu memutuskan pilihanmu. Akan banyak rintangan kedepannya, kamu harus kuat dan yakin bahwa kamu dapat berhasil, agar usaha tidak berhenti di tengah jalan.

  1. Tentukan Konsep Bisnis

Selanjutnya adalah menentukan konsep bisnis yang akan kamu jalankan, menemukan sebuah produk dari bisnismu. Ingat! Produk tidak hanya berbentuk barang, namun juga bisa berbentuk jasa. kamu juga bisa melakukan banyak riset untuk hal ini agar memudahkanmu dalam menjalankan bisnismu di masa depan.

  1. Siapkan Visi dan Misi yang Jelas

Hal terpenting saat kamu memulai bisnis adalah membuat rencana bisnis yang inovatif, dan janga lupa kamu juga harus menyiapkan Visi dan Misi yang jelas mengenai Bisnis yang akan kamu jalankan nantinya. Dengan adanya Visi dan Misi yang jelas, kamu mempunyai gambaran serta tujuan yang ingin dicapai di masa depan, mulai dari rencana pemasaran, targer pasar dan lain sebagainya.

  1. Menyiapkan Modal

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menyiapka modal. Pastikan kamu mencatat dan menghitung  biaya-biaya yang akan di gunakan secara terperinci. Ini membantumu dalam menentukan seberapa besar modal yang di butuhkan. Kalau kamu belum menemukan modal, kamu bisa mengajukan pinjaman di bank seperti di Bank Bahtera yang memiliki Produk Kredit UMKM yang memang di khususkan untuk siapapun  yang ingin membangun bisnis. Kamu bisa mencoba Pinjaman Mudah Untuk Pertumbuhan UMKM dari Bank Bahtera, caranya mudah lho! Tunggu apalagi, segera ajukan sekarang juga.

  1. Fokus Pada Satu Bisnis

Punya banyak bisnis memang dapat memberikan keuntungan yang besar. Namun hal tersebut akan merusak focus dan membuat kamu kesulitan nantinya. Jangan terburu-buru menggandakan keuntungan, cobalah lebih fokus ke bisnis yang kamu kelola sampai benar-benar stabil dari berbagai aspek. Bila bisnismu sudah stabil, barulah kamu buat rencana bisnis selanjutnya. Tak hanya itu kamu juga bisa  mengikuti seminar online untuk menambah wawasanmu di dunia bisnis.

  1. Mengelola Keungan Dengan Baik

Manajemen keungan yang baik menjadi salah satu faktor utama dalam menjalankan bisnis yang baik. Pengelolaan keuangan bisnis yang kamu lakukan sejak awal akan mempermudah berkembanganya bisnismu. Kamu bisa memulainya dengan mencatat segala transaksi yang terjadi baik sebelum maupun sesudah penjualan. Kamu juga dapat menggunakan program akuntansi yang banyak tersebar untuk memudahkanmu mencatat keuangan bisnismu.

  1. Terus Belajar dan Tetap Terbuka

Terakhir kamu harus bersedia untuk selalu belajar, belajar dan belajar. Kamu bisa mempelajari banyak hal tentang bisnis dari berbagai sumber seperti, website, seminar, media social,  dan lain sebagainya. Kamu harus terbuka terhadap kritik dan saran dari orang lain, kamu bisa menjadikan itu sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi dalam mengelola bisnismu agar terus berkembang. Dan jangan lupa untuk mempelajari dinamika pasar, siapa kompotitormu dan karakteristik dari bisnismu di pasar.

 

Mengambil keputusan untuk memulai bisnis dari nol memang beresiko, namun dengan ilmu, perencanaan yang matang, passion, dan tips diatas, keinginanmu untuk mempunyai bisnis sendiri tidak akan menjadi sekedar angan-angan belaka.

Kamu bisa terapkan tips diatas ketika kamu ingin memulai bisnis dari awal, tidak perlu khawatir dan tetap yakin bahwa kamu dapat melakukannya dan yakinkan lah dirimu kalau bisnismu nanti akan sukses di masa yang akan datang.